Biodata Raja Salman Profil Foto Lengkap

Raja Salman yang memiliki nama lengkap Salman bin Abdulaziz al-Saud, merupakan Raja Arab Saudi urutan ke tujuh dan sebagai Penjaga Dua Kota Suci yang lahir pada tahun 31 Desember 1935. Raja Salman juga pernah menjabat sebagai Gubernur Riyadh dan wakil gubernur Riyadh pada tahun 1963 hingga 2011.

Kemudian beliau diangkat sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi pada tahun 2011, dan diangkat sebagai putra mahkota pada tahun 2012 ketika saudaranya meninggal yaitu Nayef bin Abdulaziz Al Saud. Raja Salman diangkat sebagai raja ketika saudara tirinya yaitu Raja Abdullah meninggal pada 23 Januari 2015.

Biodata Raja Salman

Nama : Salman bin Abdulaziz Al Saud
Nama Panggilan : Raja Salman
Tempat Lahir : Riyadh, Arab Saudi
Tanggal Lahir: 31 Desember 1935
Profesi : Wakil gubernur dan Gubernur Riyadh, Menteri Pertahanan, Raja Arab Saudi (saat ini)
Zodiac : Capricorn
Agama: Islam
Pasangan (istri): Sarah binti Faisal Al Subai’ai, Sultana binti Turki Al Sudairi dan Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn
Anak : Ahmad bin Salman, Fahd bin Salman, Abdulaziz bin Salman, Sultan bin Salman, Faisal bin Sultan, Hussa binti Salman, Mohammed bin Salman, Saud bin Salman, Turki bin Salman, Khalid bin Salman, Bandar bin Salman, Nayif bin Salman, Rakan bin Salman
Saudara: Abdullah bin Abdul Aziz (saudara tiri)
Kekayaan: 18 miliar dolar (berada dalam daftar 10 politisi terkaya di Saudi Arabia)

Profil Raja Salman

Raja Salman merupakan pangeran yang dibesarkan di Murabba Palace, dan mengawali pendidikan di sebuah Sekolah Pangeran yang letaknya di Kota Riyadh ibukota Saudi Arabia. Sekolah tersebut didirikan oleh Ibn Saud untuk anak-anaknya dan disekolah tersebut diajarkan ilmu pengetahuan modern dan agama. Raja Salman banyak menerima penghargaan semasa hidupnya, pada tahun 2008 dia menerima penghargaan sebagai Doktor Honoris Causa dari Universitas Umm Al-Quran di Arab Saudi, pada tahun 2010 di India dia menerima Doktor Honoris Causa dari Jamia Millia Islamia, kemudian pada tahun 2011 dia menerima Doktor Honoris Causa dari Univrsitas Islam Madinah, di tahun 2013 dari Bosnia Herzegovina, Raja Salman menerima penghargaan Doktor Honoris Causa dari Institut Sains dan Tekologi Sarajevo dan terakhir yaitu dari Jepang pada tahun 2014, Raja Salman mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Waseda.

Raja Salman juga merupakan ketua dari berbagai yayasan di Arab Saudi sebut saja King Abdulaziz Foundation for Research and Archives (KAFRA), the Prince Salman Center for Disability Research, King Abdulaziz Museum, dan juga the Prince Fahd bin Salman Charitable Society for the Care of Kidney Patients.

Raja Salman sering menjadi mediator ditengah konflik kerajaan yaitu diantara keluarga Al Saud yang diperkirakan berjumlah 4000 pangeran. Dan Raja Salman adalah yang bertanggung jawab memilih putra mahkota dan yang akan mendelegasikan seluruh tanggung jawab kerajaan.

Raja Salman dan keluarganya adalah pemilik beberapa media di Saudi Arabia, sebut saja harian Asharq Al-Awsat dan Al Eqtisadiah. Walaupun pada The Saudi Research and Marketing Group (SRMG) dia hanya memiliki saham sebesar 10 persen tetapi dia sering sekali disebut sebagai pemiliknya. The Saudi Research and Marketing Group (SRMG) yaitu yang menerbitkan berita sehari-hari, diantaranya Arab News, Asharq Al-Awsat dan juga Al Eqtisadiah (lewat anak perusahaannya yaitu Saudi Research and Publishing Company).

Raja Salman menikah sebanyak tiga kali. Dari pernikahan pertamanya dengan Sultana binti Turki Al Sudairi, yang meninggal di usia 71 tahun pada tahun 2011, dia mendapatkan 6 orang anak yaitu Pangeran Fahd bin Salman, Pangeran Ahmad bin Salman, Pangeran Sultan bin Salman, Pangeran Abdulaziz bin Salman, Pangeran Faisal bin Sultan dan Putri Hussa binti Salman. Pada Juli tahun 2001, anak pertamanya yaitu Pangeran Fahd bin Salman meninggal di usia 47 tahun dikarenakan gagal jantung. Kemudian pada Juli 2002 anak keduanya Pangeran Ahmad bin Salman, meninggal di usia 43 tahun dikarenakan penyakit jantung. Pangeran Sultan bin Salman menjadi orang muslim dan orang Arab pertama yang menjelajah ruang angkasa pada tahun 1985. Dan menjadi ketua pada The Saudi Commission for Tourism & Antiquities (SCTA). Pangeran Faisal bin Sultan menjadi gubernur dari Madinah.

Sedangkan dari pernikahannya kedua, Raja Salman menikah dengan Sarah binti Faisal Al Subai’ai dan mendapatkan satu orang anak yaitu Pangeran Saud bin Salman. Dan pernikahan ketiganya dengan Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn, beliau mendapatkan 6 orang anak yaitu, Pangeran Mohammed bin Salman, Pangeran Turki bin Salman, Pangeran Nayif bin Salman, Pangeran Khalid bin Salman, Pangeran Bandar bin Salman dan Pangeran Rakan bin Salman. Pangeran Turki bin Salman menjadi ketua pada The chairman of the Saudi Research and Marketing Group menggantikan kakaknya Pangeran Faisal bin Sultan.

Pada saat kedatangannya ke Indonesia pada tanggal 1 Maret 2017, Raja Salman membawa Pangeran Khalid bin Fahd bin Mohammed, Pangeran Talal bin Saud, Pangeran Mohammed bin Fahd, Pangeran Mansour bin Saud, Pangeran Sattam bin Saud dan Pangeran Khalid bin Bandar.

Foto Raja Salman

Terima kasih telah membaca artikel tentang biodata raja salman, profil raja salman. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.
loading...

One thought on “Biodata Raja Salman Profil Foto Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *